Untuk menggambarkan seberapa luas wilayah RW-IV Kelurahan Padangsari diperlukan peta wilayah. Peta yang dilengkapi dengan nama-nama jalan akan sangat membantu warga mengetahui alamat tetangga satu RW. Bagi orang lain yang ingin mengetahui alamat suatu daerah, peta wilayah ini juga sangat diperlukan. Dalam cakupan yang lebih luas, misal Kotamadya atau Propinsi atau bahkan negara, peta wilayah sangat membantu investor untuk menanamkan investasinya.

Nah, pada saat kami “pengelola website ini” surfing (mencari di internet) peta kecamatan Banyumanik melalui berbagai situs seperti misalnya :

apalagi secara detil peta Kelurahan Padangsari, tidak berhasil kami temukan. Menurut hemat kami peta wilayah ini sangat penting untuk menggambarkan luas wilayah cakupan RW-IV Padangsari, pembagian wilayah tiap-tiap RT (RT-01 s/d RT-09), rasio luas wilayah terhadap jumlah penduduk, statistik PBB, informasi alamat, serta pengembangan lainnya seperti misalnya pembagian Raskin; Bantuan Kompor Gas program Pemerintah; dan lain-lain.

Lalu apakah peta ini harus ada, kalau ternyata susah didapat. Ya… kami akan mencari alternatif informasi ke Kantor PBB Pusat, atau kalau terpaksa membuat sendiri. Download foto satelit melalui Google Earth sudah kami lakukan namun hasilnya kurang baik. Semoga proyek penggambaran peta wilayah ini, walaupun sederhana dapat memacu Kelurahan Padangsari; Kecamatan Banyumanik; Pemkot Semarang, atau bahkan Propinsi Jateng melakukan hal yang sama sehingga tercipta peta wilayah dalam format digital yang lengkap dan di-upload di internet.